Rekomendasi Merk Mesin Cuci yang Bagus dan Terbaik Tahun Ini

Temukan merk mesin cuci yang bagus dan terbaik seperti tipe top loading & front loading yang menggunakan 1 tabung, serta tipe manual 2 tabung disini

dimediaku.com : Rekomendasi Merk Mesin Cuci yang Bagus dan Terbaik Tahun Ini - Lajunya perubahan dunia electronic berpengaruh pada model mesin cuci yang semakin bervariasi. Biasanya ada tiga type mesin cuci yang tersebar di pasaran. Tipe top loading serta front loading yang memakai 1 tabung, dan type manual 2 tabung. Kapasitasnya juga beraneka ragam, bisa Anda sesuaikan dengan keperluan mencuci di keseharian Anda.

Kesempatan ini, kami akan membahas merek mesin cuci yang bagus untuk Anda. Ada bermacam merek populer seperti Toshiba, Denpoo, dan Sharp. Disamping itu, kami sudah mempersiapkan panduan memilih mesin cuci terbaik untuk Anda. Silahkan dibaca!

Cara memilih mesin cuci

Rekomendasi Merk Mesin Cuci yang Bagus dan Terbaik Tahun Ini

Saat memilih mesin cuci, pilih produk yang amat sesuai dengan pola hidup Anda. Berikut beberapa poin yang bisa Anda pikirkan saat menentukan mesin cuci yang tepat.

1. Tentukan mesin cuci menurut tipenya

Mesin cuci terdiri ke dalam 3 category, yakni mesin cuci top loading, front loading, serta manual ataupun 2 tabung. Jenis mana yang pas dengan kebutuhan Anda? Mari dapatkan bersama lewat review berikut ini!

  • Top loading: Mempunyai daya cuci yang bagus di harga terjangkau

Top loading: Mempunyai daya cuci yang bagus di harga terjangkau

Keunggulan dari mesin cuci type top loading ialah kebolehan daya cucinya yang kuat serta harga yang terjangkau. Model ini bekerja memanfaatkan air pada jumlah banyak sehingga dapat membersihkan kotoran jadi lebih mudah. Disamping itu, Anda tak perlu membungkuk saat masukkan atau mengambil cucian sehingga membuat punggung jadi lebih nyaman.

Kabar baiknya lagi, air serta detergen bisa menjangkau semua tabung pencucian sehingga tak meninggalkan endapan detergen yang menimbulkan jamur. Tetapi, karena daya putarnya begitu kuat, pakaian condong terlilit satu sama lain serta bisa mengakibatkan kerutan.

Disamping itu, fungsi pengeringan dari mesin pencuci jenis ini relatif kurang maksimal karena hanya menggunakan udara hangat. Jika menginginkan metode pengeringan yang bagus dan maksimal, type front loading lebih direkomendasikan.

  • Front loading: Mengeringkan dengan maksimal serta irit air

Front loading: Mengeringkan dengan maksimal serta irit air

Mesin pencuci jenis front loading mempunyai kebolehan pengeringan yang sangat baik. Karena itu, jenis ini benar-benar pas untuk Anda yang mau mengeringkan baju dengan maksimal. Ditambah lagi, mesin pencuci ini membutuhkan lebih sedikit air ketimbang model top loading. Sayang, kekuatan pembersih kotoran dari mesin cuci ini bisa dibilang kurang maksimal. Dari sisi harga, mesin cuci tipe ini relatif tinggi.

Mesin cuci front loading bekerja secara mengangkut pakaian serta menjatuhkannya ke air. Dengan demikian, pakaian tak kan saling terlilit dan tak kan berkerut. Beberapa produk dibekali fungsi ringkas, seperti membersihkan dengan air hangat serta menyingkirkan kerutan. Tetapi, dibutuhkan perawatan teratur karena mesin cuci ini susah dibersihkan serta serat pakaian kerap kali menyumbat filter-nya.

  • Tipe 2 tabung: Efisien merontokkan kotoran
Tipe dua tabung Efektif merontokkan kotoran

Sesuai sama namanya, mesin cuci type 2 tabung (manual) mempunyai tabung pembersih serta pengering yang terpisah. Agar bisa bekerja maksimal, volume air yang diperlukannya condong lebih besar dibandingkan 2 type mesin cuci yang lain. Namun, arus air didalamnya jadi lebih kuat sehingga benar-benar efektif merontokkan kotoran.

Tipe mesin cuci ini benar-benar cocok digunakan buat membersihkan kotoran yang bandel, seperti noda lumpur. Kekurangannya ialah Anda mesti memindahkan baju dari tabung cuci ke tabung pengering dengan cara manual.

2. Sesuaikan kapasitas mesin cuci pada jumlah pengguna serta rutinitas mencuci

Dalam menentukan kapasitas mesin pencuci, penting untuk memperhitungkan jumlah anggota keluarga serta rutinitas mencuci di dalam rumah. Sebagai referensi, berat baju kotor yang umum dihasilkan per orang dalam satu hari adalah kurang lebih 1,5 kg. Untuk memperjelas, baca review di bawah ini.

  • 6 sampai 7 kg, cocok untuk orang yang tinggal sendiri

Bila Anda tinggal sendiri, membersihkan pakaian tiap hari cukup menyusahkan. Akan lebih bagus jika menghimpun baju kotor serta mencucinya tiap 3 hari sekali. Karena itu, mesin cuci berkapasitas 6 sampai 7 kg ialah opsi yang bagus untuk Anda. Mesin cuci ini biasanya berukuran ramping dan harga yang terjangkau.

  • 8 sampai 10 kg, buat cucian 2 orang ataupun keluarga kecil

Andaikan Anda tinggal berdua, pakaian kotor yang ditumpuk sepanjang 2 hari dapat mencapai berat kurang lebih 6 kg. Oleh karena itu, pilih mesin cuci yang berkapasitas kurang lebih 8 sampai 10 kg agar Anda jarang-jarang mencuci. Kapasitas mesin cuci 8-10 kg pas untuk keluarga kecil dengan 1 anak. Anda dapat membersihkan dua sampai 3x dalam 1 minggu memakai mesin cuci berkapasitas lumayan besar ini.

  • 11 kg atau mungkin lebih, untuk membersihkan pakaian lebih dari 4 orang

Untuk 4 orang ataupun lebih, mesin cuci berkapasitas kurang lebih 11 kg ataupun lebih amatlah baik. Dengan kemampuan ini, Anda dapat menimbun pakaian serta mencucinya sekaligus diakhir minggu. Sebagai tambahan, pakai mesin cuci berkapasitas lebih dari 12 kg bila keluarga Anda beranggotakan 6 orang atau lebih.

3. Cek kapasitas tabung pengeringnya

Jika Anda akan membeli mesin cuci model front loading atau 2 tabung, cek kapasitas tabung pengeringnya. Kebanyakan, tabung pengering mempunyai kemampuan yang lebih kecil dibanding tabung pencuci. Contohnya, mesin cuci berkapasitas cuci 10 kg mempunyai tabung pengering berkapasitas 5 kg.

Bila Anda membersihkan pakaian sebanyak 10 kg, Anda mesti membagi menjadi 2 bagian waktu proses pengeringan. Karena itu, pilih produk yang kapasitas tabung pengeringnya tidak begitu kecil sehingga Anda tak perlu mengeringkan baju berulang-kali.

4. Periksa dimensi serta kedalaman mesin cuci serta arah bukaan pintunya

Waktu membeli mesin cuci, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ialah dimensi, kedalaman, serta arah bukaan pintunya. Berikut ulasannya:

  • Jenis top loading: Pilih dengan tinggi sekitaran 90 cm supaya gampang dijangkau

Bila Anda memilih mesin cuci type top loading, tak boleh cuma terpaku pada ukuran serta area pemasangannya, tapi lihat juga tingginya. Pilih mesin pencuci dengan tinggi sekitaran 90 cm, utamanya bila Anda wanita. Ini supaya Anda bisa mencapai hingga sisi dasar bak cuci sehingga lebih gampang dalam memasukkan serta mengeluarkan cucian.

  • Type front loading: Cermati arah bukaan pintu serta lebar maksimal saat dibuka penuh

Mesin cuci type front loading mempunyai pintu terbuka ke depan. Maka dari itu, Anda perlu mengecek lebih dulu apakah pintunya terbuka ke kiri atau ke kanan. Pilih yang sesuai lokasi pemasangannya agar Anda tidak kesulitan waktu membuka pintunya.

Mengetahui lebar maksimal dari pintu mesin cuci saat terbuka penuh amatlah penting. Bila pintunya terlampau besar serta tidak dapat terbuka lebar, Anda akan kesusahan saat memasukkan serta mengeluarkan cucian. Tetapkanlah produk dengan ukuran pintu yang memungkinkan Anda dapat membuka dengan optimal.

5. Pertimbangkan feature tambahannya

Mesin cuci terbaru dibekali dengan beragam feature hebat. Tetapi, makin banyak peranan yang dimiliki, semakin mahal juga harga produknya. Maka dari itu, pastikan Anda pilih produk yang fungsi serta harga sesuai bujet dan keperluan Anda.

  • Smartphone cooperation

Membiarkan baju dalam mesin pencuci terlampau lama dapat mengakibatkan jamur serta kerutan. Dengan fungsi smartphone cooperation, Anda bisa menyaksikan status pencucian dengan gampang biarpun tidak sedang ada di dalam rumah. Anda dapat mengelola waktu akhir pencucian tepat saat Anda tiba di rumah. Anda dapat mengecek kapan cucian akan usai untuk menghindari cucian lupa dijemur.

Anda dapat menjumpai fungsi ini pada produsen populer, seperti LG serta Samsung. Fungsi ini bagus untuk beberapa orang yang ingin membuat mekanisme smart home atau rumah cerdas.

  • Fungsi automatic cleaning

Biasanya, tabung mesin cuci penting dibersihkan secara periodik dalam periode waktu satu sampai 2 bulan. Adanya kegunaan automatic cleaning, Anda cuman perlu membersihkan setiap 3 sampai 4 bulan sekali. Tetapi, walau frekwensinya menyusut, tidak berarti Anda tidak perlu membersihkan sama sekali.

  • Child Lock

Bila Anda tinggal dengan anak-anak, lihat tersedianya feature child lock. Feature ini umumnya ada pada mesin cuci type hebat ataupun front loading. Mesin pencuci type front loading memiliki sifat kedap udara hingga dapat benar-benar beresiko apabila anak-anak memasukinya.

Adapun pada mesin pencuci type top loading, feature child lock bisa menolong mengamankan beberapa tombol operasional dari capaian anak-anak. Dengan peranan ini, proses membersihkan tidak akan terusik juga semakin aman untuk si kecil.

6. Kenali tingkat kebisingannya

Beberapa orang yang tinggal di apartemen atau kerap membersihkan pada malam hari direkomendasikan menggunakan mesin cuci yang suaranya tidak berisik. Biasanya, tingkat keheningan di kehidupan setiap hari ialah 45 dB atau mungkin kurang dari itu. Oleh karena itu, cari mesin cuci dengan tingkat kegaduhan tak lebih dari 45 dB.

Sebagai catatan, tingkat kenyaringan suara operasionalisasi mesin cuci berbeda bergantung apakah mesin tengah mencuci, menghilangkan air, ataupun mengeringkan . Sehingga, harap lihat juga info tingkat kebisingannya saat Anda pilih mesin cuci yang akan dibeli.

Produk rekomendasi khusus

Sharp-Super Aquamagic

Mesin cuci 2 tabung ini berkapasitas besar, yakni sampai 8 kg. Mesin cuci ini pas untuk kamu yang memiliki anggota keluarga banyak atau anak-anak sehingga kerap mencuci baju. Mesinnya termasuk bandel. Ini dapat dibuktikan dari mesinnya yang masih tetap tahan lama meski frekwensi penggunaan cukup tinggi. Berkenaan mengenai bagaimana cara penggunaan, mesin cuci ini simpel sekali sebab dapat digunakan oleh siapa saja.

Disamping itu, setiap bagian sudah terdapat info jelas bagaimana harus dioperasionalkan. Perawatannya gampang. Kita hanya butuh membersihkan body-nya seperti pada umumnya serta membersihkan kantong kotoran secara periodik. Triknya juga tidak susah. Mesin cuci ini benar-benar membantu dalam perihal cuci baju. Kerap membersihkan pakaian dalam jumlah banyak tidak jadi masalah!

10 Rekomendasi mesin cuci terbaik

Selanjutnya, kami bakal merekomendasikan 10 produk mesin pencuci terbaik yang kami pastikan menurut cara memilih di atas. Beberapa produk ini dipilih dengan cermat dengan menimbang kualitas produk, ulasan konsumen, serta tingkat kepercayaan kepada seller.

1. Toshiba-Mesin Cuci Twin Tub E06

Toshiba-Mesin Cuci Twin Tub E06
Kelebihan:
  • Perputaran mesin cuci cepat serta tidak bising
Kekurangan:
  • Ada review yang menyebutkan mesin cuci ini kurang user-friendly
Toshiba menyematkan tehnologi super jet spin di produk mesin pencuci 2 tabung seri VH-H85MN ini. Dengan tehnologi ini, pergerakan air semakin kuat hingga proses mencuci lebih efisien untuk melenyapkan kotoran pada baju Anda. Tetapi, walau perputaran mesinnya kuat, mesin ini tidak bising, lho! Anda juga tak perlu panik bila harus mencuci pada malam hari.

2. Denpoo-Mesin Bersihkan 1 Tabung

Denpoo-Mesin Bersihkan 1 Tabung
Kelebihan:
  • Gampang dioperasionalkan karena tidak banyak memiliki tombol rumit
  • Mesin tidak bising saat mode mencuci
Kekurangan:
  • Mesin cukup bising saat mode pengeringan baju
Drum mesin cuci berkarat pasti mengakibatkan permasalahan pada pakaian yang dicuci. Baju bisa jadi terserang bintik karat yang sulit hilang. Supaya terbebas dari persoalan tersebut, Anda dapat memilih mesin pencuci top loading dari Denpoo ini. Tehnologi diamond drum stainless steel-nya di-claim anti-karat seumur hidup. Dengan demikian, pakaian Anda dapat bersih serta kering optimal.

3. Aqua Japan-Mesin Bersihkan Twin Tub

Aqua Japan-Mesin Bersihkan Twin Tub
Kelebihan:
  • Mengeringkan bisa lebih cepat dengan menarik udara dari luar
  • Tombol putar lebih sederhana dan mudah dijalankan
Kekurangan:
  • Minim spek tambahan
Produk satu ini pas untuk Anda yang tidak senang mesin cuci dengan tombol yang ruwet. Mesin cuci Aqua Japan ini mempunyai body yang kokoh dari plastik bermutu dengan tombol yang user-friendly. Bila Anda ingin memberikan hadiah ke orangtua Anda, pilih mesin cuci ini karena gampang dioperasionalkan.

4. Polytron-Mesin Cuci 1 Tabung New Zeromatic 8 Kg

Polytron-Mesin Cuci 1 Tabung New Zeromatic 8 Kg
Kelebihan:
  • Putaran lebih cepat serta bisa lebih cepat keringkan pakaian
Kekurangan:
  • Ada ulasan yang menyebutkan selang air lebih pendek serta harus ditaruh dekat dengan sumber air
Mesin pencuci Polytron yang ini mempunyai peranan merendam baju sampai 60 menit. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan pakaian dengan kotoran membandel sehingga membuat hasil cucian bertambah bersih. Disamping itu, mesin cuci ini dibekali beragam model cuci baju dimulai dari jeans sampai jilbab. Dengan mode ini, Anda tak perlu panik jilbab rusak saat dicuci atau jeans kurang bersih!

5. Sharp-7 Kg Front Loading Series

Sharp-7 Kg Front Loading Series
Kelebihan:
  • Tidak berisik saat dioperasikan
  • Bisa menyesuaikan durasi waktu mencuci sesuai jumlah baju secara automatis
Kekurangan:
  • Harga sedikit mahal dibanding mesin cuci berkapasitas 7 kg
Dibekali feature Eco Logic Sistem, Sharp ES-FL1073W sebagai mesin cuci ramah lingkungan yang irit air serta listrik. Produk ini dapat menyesuaikan konsumsi listrik, air, serta durasi waktu membersihkan sesuai jumlah pakaian yang bakal dicuci. Ditambah lagi, alat ini memberikan dukungan fungsi Silent Wash. Spek ini bakal membantu Anda bagi yang memiliki bayi di rumah.

6. Hisense-Top Loading 8 Kg

Hisense-Top Loading 8 Kg
Kelebihan:
  • Suara mesin saat proses mencuci tak berisik
Kekurangan:
  • Tidak mempunyai dispenser detergent
  • Proses pengeringan pakaian cukup bising
Mesin cuci Hisense memiliki 8 kg ini pas untuk Anda yang mempunyai waktu terbatas. Feature air dry-nya sanggup keringkan pakaian dalam sekejap. Menariknya lagi, tehnologi air dry mengisap kelebihan air di pakaian tanpa membuat baju kusut. Sayang, Anda perlu menuang langsung detergent ke tabung karena mesin pencuci ini tidak mempunyai dispenser khusus detergent.

7. Panasonic-Twin Tub Washing Machine

Panasonic-Twin Tub Washing Machine
Kelebihan:
  • Pemakaian daya listrik rendah, kurang lebih 130-250 watt
Kekurangan:
  • Dimensi besar, membutuhkan tempat semakin besar di dalam rumah
Untuk Anda dengan keluarga besar, kehadiran mesin pencuci dengan kemampuan besar pasti benar-benar membantu. Mesin cuci Panasonic adalah salah satunya. Dengan kemampuan mesin pencuci 9,5 kg serta mesin pengering 5,5 kg, pastinya lumayan untuk keluarga Anda. Disamping itu, konsumsi energinya juga cukup rendah. Mesin cuci ini bekerja dengan daya 250 watt buat pencucian serta 130 watt untuk pengering.

8. Electrolux-Mesin Cuci Top Load EliteCare 300 10,5 Kg

Electrolux-Mesin Cuci Top Load EliteCare 300 10,5 Kg
Kelebihan:
  • Konsumsi energi 40% lebih irit dibandingkan mesin cuci yang lain
  • Pintu mesin cuci bisa menutup perlahan-lahan tanpa perlu dipegang
Kekurangan:
  • Suara mesin cukup bising waktu beroperasi
  • Kurang user-friendly untuk Beberapa pengguna
Bentuk baju berubah ataupun berkerut sehabis dicuci memakai mesin cuci pasti menjengkelkan. Bila tidak mau hal itu terulang lagi, Anda dapat mencoba mesin cuci top loading dari Electrolux ini. Dengan tehnologi cyclonic care, bentuk baju akan selalu terlindungi dengan bagus. Tetapi, karena suara mesinnya cukup bising, Sebaiknya anda tidak menjalankan mesin cuci pada malam hari, ya!

9. Samsung-7 Kg Washing Machine with EcoBubble™ serta AI Kontrol

Samsung-7 Kg Washing Machine with EcoBubble™ serta AI Kontrol
Kelebihan:
  • Suara mesin tidak bising
  • Banyak memiliki mode cuci untuk bermacam model pakaian
Kekurangan:
  • Ada ulasan yang menyebutkan pintu mesin pencuci gampang terkunci serta tidak bisa dibuka
Produk dari Samsung ini mempunyai tehnologi EcoBubble™ yang sanggup mengganti detergent jadi gelembung busa. Gelembung busa ini akan mengangkut kotoran dengan maksimal tanpa menghancurkan kain serta warna pakaian. Rutinitas mencuci akan direkam dengan bagus oleh peranan Artificial Intelligent yang ada di mesin ini. Pantas dicoba, kan?

10. LG-Mesin Cuci 15 Kg dengan Pengering 8 Kg

LG-Mesin Cuci 15 Kg dengan Pengering 8 Kg
Kelebihan:
  • Kapasitas besar dengan style pencucian cepat
  • Terdapat feature steam untuk menyingkirkan 99,9% alergen pada baju
  • Memberikan dukungan fungsi smarthome
Kekurangan:
  • Dimensi sedikit besar dibandingkan type mesin cuci lainnya
  • Konsumsi listrik semakin besar untuk pemakaian feature steam
Bila Anda mengidamkan mempunyai smart home, Anda dapat memilih mesin cuci LG ini. Dibekali dengan feature Smart ThinQ™, Anda dapat menjalankan mesin cuci ini dari jauh.

Tidak itu saja, mesin cuci ini dibekali pendeteksi tipe kain untuk memaksimalkan mode pencucian. Tetapi, Anda penting memerhatikan konsumsi listrik yang pastinya lebih besar untuk memakai beberapa feature mutakhir tersebut.

Akhir Kata

Di pasaran, banyak beredar produk mesin cuci dari bermacam merk, model, harga, serta fungsinya. Untuk memperoleh produk yang tepat, pilih mesin cuci menurut tips yang sudah kami berikan.

Lewat artikel kesempatan ini, kami mengharapkan dapat membantu Anda mendapatkan mesin cuci yang sesuai kebutuhan. Dengan memilih mesin cuci yang pas, proses mencuci bakal menjadi lebih ringan serta tak menguras energi. Selamat memutuskan!
Comments