Rekomendasi Merk Antena TV Digital yang Bagus, Terbaik Tahun Ini

Mau tahu merk antena tv digital yang bagus bisa diletakan di indoor/outdoor? ini rekomendasi terbaiknya buat tv lebih jernih meski di daerah terpencil

dimediaku.com : Rekomendasi Merk Antena TV Digital yang Bagus, Terbaik Tahun Ini - Tidak lama ini Indonesia melaunching peraturan mengenai migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, tak sedikit warga yang mencari antena TV digital.

Akan tetapi, masyarakat kerapkali bingung waktu memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merk SANEX, OASE, PX, Toyosaki atau lainnya?

Artikel kali ini akan mereview tips memilih antena TV digital, bagus untuk indoor ataupun outdoor. Kami berikan referensi antena digital yang bagus buat TV tabung, LED, serta LCD.

Dengan demikian, siaran tv semakin lebih jelas dan jernih meskipun wilayah rumah Anda adalah daerah terpencil. Jangan sampai tertinggal untuk mengikuti penjelasannya dibawah ini!

Kegunaan serta kelebihan antena TV digital

Rekomendasi Merk Antena TV Digital yang Bagus, Terbaik Tahun Ini

Pemberitahuan program migrasi TV analog ke TV digital bikin pencarian antena TV digital terus meningkat. Lantas apa sesungguhnya antena TV-digital itu? Antena TV digital ialah piranti yang dipakai untuk menangkap signal digital. Adanya antena TV digital, kualitas siaran dapat semakin jernih serta suara lebih jelas.

Satu diantara keunggulan antena TV digital ialah capaiannya lebih luas. Dengan kata lain, saat memakai antena TV digital, Anda dapat melihat saluran tv yang semakin banyak. Disamping itu, antena TV digital juga dapat menangkap 2 model frekwensi, yakni VHF serta UHF. Artinya, Anda dapat melihat tv analog serta digital sekaligus.

Cara memilih antena TV digital

Dalam menentukan antena TV digital, Anda dapat memperhitungkan berbagai hal, contohnya penempatan antena. Anda dapat memilih antena TV digital indoor ataupun outdoor. Supaya Anda tidak salah memilih, bacalah panduan bagaimana cara memilih antena TV digital dibawah ini.

1. Pilih menurut peletakan antena

Anda dapat memilih antena menurut penempatannya. Pada prinsipnya ada 2 tipe antena yang dapat Anda tentukan. Tetapi, Anda harus menimbangnya sesuai kebutuhan. Disamping itu, pikirkan kekurangan dan kelebihan dari tiap tipe antena.

  • Antena indoor

Sesuai dengan namanya, antena indoor bisa ditempatkan dalam ruangan. Banyak yang memilih menggunakan antena ini karena penempatannya cukup simpel. Disamping itu, antena gampang dipindahkan tempatnya untuk memperoleh gambar yang lebih jelas. Antena indoor makin aman dari sambaran petir serta harganya bisa dijangkau.

Sayangnya, Antena indoor kadangkala tidak dapat menangkap semua saluran tv. Tak cuma itu, penataan antena indoor kadangkala menjadi hal yang dilematis. Pasalnya , saat di suatu posisi, satu aliran tv tampak jernih, akan tetapi saluran lainnya kabur. Disamping itu, antena indoor cuma mempunyai kabel yang memiliki ukuran pendek.

  • Antena outdoor

Apabila antena indoor ditaruh dalam ruangan, antena outdoor ditempatkan di luar ruang. Dengan memakai antena outdoor, tv Anda dapat menangkap lebih banyak saluran tv. Disamping itu, Anda juga bisa menyaksikan siaran yang lebih jernih. Anda pun tidak perlu mengatur posisi antena setiap waktu.

Akan tetapi, penempatan antena macam ini termasuk lebih ribet. Karena antena outdoor secara umum terpasang di atap rumah. Sebab itu, Anda pun tidak dapat memindahkan posisi antena dengan gampang. Sebagai pertimbangan selanjutnya adalah harga antena outdoor umumnya relatif lebih mahal ketimbang antena indoor.

2. Sesuaikan ukuran antena dengan model TV

Pemilihan antena TV digital bisa juga tergantung pada model tv. Sekarang ini banyak yang sudah memakai TV LED atau LCD. Tetapi, masih ada banyak yang memakai TV tabung. Anda harus menyesuaikan antena dengan jenis TV supaya bisa menikmati siaran dengan optimal.

  • TV LED atau LCD

TV LED atau LCD jadi opsi banyak keluarga. Satu diantara faktanya ialah penampilan televisinya yang lebih kekinian. Disamping itu, jenis tv yang ini gampang diketemukan di pasaran. Harga juga bervariatif tergantung pada ukuran dan brand-nya.

Tetapi, yang jarang-jarang dijumpai ialah jenis tv ini tak mudah menangkap signal. Sebab itu, diperlukan antena yang pas bila Anda mempunyai model tv ini. TV LED atau LCD akan sesuai menggunakan antena berukuran sedang sampai besar sehingga signal lebih gampang dijangkau.

  • TV tabung

Walau terkesan tertinggal jaman, TV tabung masih jadi dambaan banyak keluarga. TV tabung kebanyakan telah dimiliki sejak lama. Lantaran masih bagus siarannya, TV tabung belum diganti dengan TV LED atau LCD. Harga TV tabung condong lebih bisa dijangkau.

Berbeda dengan TV LED ataupun LCD yang sulit menangkap signal, jenis tv ini malah mempunyai daya tangkap signal yang lebih bagus. Oleh karena itu, antena berukuran kecil sampai sedang dapat dipakai untuk jenis tv ini.

3. Prioritaskan antena dengan kabel coaxial

Kabel coaxial sebagai bagian utama yang perlu Anda cermati saat memilih antena TV digital. Kabel itu menjadi satu diantara penentu kwalitas antena. Kegunaan dari kabel ini ialah menjadi jaringan perantara transmisi perangkat electronic.

Sebaiknya anda memilih antena kabel coaxial dengan impedans 75 ohm. Sebab model ini mempunyai jumlah serabut yang lebih tebal serta kawat konduktor yang semakin besar. Walau harga condong lebih mahal, kwalitas gambar yang hendak didapat pasti akan semakin baik.

4. Pakai booster untuk memperkuat signal yang diterima

Booster sebagai alat penguat signal yang diterima antena. Dengan memakai booster, signal yang diterima bakal dijauhkan dari penghambat transmisi signal. Dengan kata lain, pancaran signal yang diterima semakin terang. Ini berpengaruh pada siaran yang semakin jelas.

Booster dapat membantu Anda yang ingin memakai antena untuk beberapa tv. Kwalitas tayangan akan selalu bagus walau dipakai di banyak tv.

Rekomendasi merk antena TV digital terbaik

Selanjutnya, kami bakal merekomendasikan 10 produk antena TV digital terbaik yang kami tentukan menurut cara memilih di atas. Beberapa produk ini dipilih dengan teliti serta mempertimbangkan kwalitas produk, review konsumen, serta tingkat kepercayaan kepada seller.

1. Aoki-Antena 2 TV Digital Indoor/Outdoor

Aoki-Antena 2 TV Digital Indoor Outdoor

Bila Anda mengidamkan antena dengan design kekinian, Anda dapat memilih produk yang ini. Disamping kekinian, antena ini dibuat sederhana dan menarik. Anda akan memperoleh fixed seat, main unit, support foot, adapter, serta kabel coaxial sepanjang 10 mtr. dalam 1 paket.

Istimewanya lagi, antena ini dapat Anda taruh di dalam ataupun diluar ruangan. Antena ini bisa juga langsung dihubungkan ke TV khusus untuk TV digital. Sementara itu, Anda mesti memakai set top box untuk televisi analog. Antena ini juga dibekali penguat signal supaya tv bebas bintik.

2. OASE-Antena Indoor Khusus TV Digital

OASE-Antena Indoor Khusus TV Digital

Anda dapat nikmati opsi tayangan TV digital gratis dengan kualitas siaran terjamin bersih serta bebas bintik. Oleh karena itu, antena ini sesuai buat Anda yang tidak mau terusik dengan siaran buruk. Tetapi, harus diingat jika kwalitas tersebut bergantung pada lokasi pemancar tv di lingkungan Anda.

Dengan design yang ringan serta tipis, Anda juga dapat menempatkannya di meja ataupun juga bisa Anda lekatkan pada dinding. tak perlu khawatir jatuh sebab antena ini dibekali perekat yang kuat sehingga dapat melekat dengan baik.

3. Taffware-Antena TV Digital DVB-T2 4K

Taffware-Antena TV Digital DVB-T2 4K

Antena khusus penangkap signal digital ini direferensikan untuk Anda yang tidak banyak memiliki ruang penyimpanan. Bentuknya tipis sehingga tak membutuhkan banyak tempat. Anda dapat melekatkannya di belakang tv atau menempatkannya di meja. Biarpun tipis, antena ini dapat menangkap signal dengan bagus. Anda masih tetap bisa menikmati beragam tayangan favorit Anda.

4. Toyosaki-Outdoor TV Antenna

Toyosaki-Outdoor TV Antenna

Antena keluaran Toyosaki ini didesain sesuai frekwensi TV Indonesia. Oleh Sebab itu, antena TV yang ini dapat menangkap semua tayangan analog serta digital. Ditambah lagi, ada low noise booster yang bisa memperkokoh signal sehingga gambar yang diterima semakin jernih.

Antena ini di-claim tahan terhadap semua kondisi cuaca. Instalasi penempatannya juga simpel. Dengan demikian, antena yang ini pas untuk Anda yang tinggal di wilayah dengan cuaca yang kerap kurang mendukung.

5. PX-Digital Antenna

PX-Digital Antenna

Disamping untuk indoor, antena ini cocok terpasang di luar ruangan karena mempunyai kabel sejauh 12 mtr.. Dengan terpasang di luar, signal yang ditangkap jadi tambah jelas. lantaran antena ini mempunyai tingkat sensitivitas yang terbilang cukup tinggi.

Jika memakai antena ini, Anda juga dapat nikmati HDTV dengan gratis. Oleh sebab itu, antena ini cocok untuk Anda yang ingin melihat tayangan yang super jernih. Disamping itu, antena ini eco friendly alias irit energi.

6. Intrasari Pertama-Intra Antena TV Indoor Digital

Intrasari Pertama-Intra Antena TV Indoor Digital

Bentuk antena ini tampak elok serta kekinian, ya. Tidak itu saja, bentuk tersebut dibuat khusus supaya mudah menangkap signal di ruangan. Penempatannya juga gampang karena tinggal dicolok ke connector TV.

Antena ini sangat cocok untuk Anda yang punyai ruangan minimalis. Tetapi, antena yang ini sayangnya cuma cocok untuk TV LED serta LCD. Disamping itu, kabel antena termasuk cukup pendek karena hanya 2 mtr. panjangnya.

7. Nagoya-Antena TV Remote 850

Nagoya-Antena TV Remote 850

Produk Nagoya yang ini pas untuk semua model tv. Walau ditaruh di luar ruang, penempatan antena ini termasuk gampang. Tidak sampai di situ, antena ini dibekali dengan booster serta remote kontrol.

Booster membuat siaran yang diterima lebih jernih. Sedangkan, remote kontrol mempermudah mengendalikan arah antena yang dapat berputar-putar 360 derajat . Sehingga, antena ini benar-benar cocok untuk Anda yang tak mau repot.

8. Smartfish-Antena TV DVB-T2 Digital Indoor 25DB 4K

Smartfish-Antena TV DVB-T2 Digital Indoor 25DB 4K

Walau didesain untuk terpasang di ruangan, antena ini sanggup menjangkau signal dengan kuat sampai jarak 50 mil. Dengan katalain, Anda yang cuma ingin melihat tayangan digital lokal cocok memilih produk ini. Anda akan mendapati satu unit antena serta jack antenna dalam 1 paket. Bagi yang ingin membeli antena TV indoor dengan harga murah juga dapat memilih produk ini.

9. Arashi-Digital Antenna Anti UV/Indoor/Outdoor

Arashi-Digital Antenna Anti UV

Arashi Digital Antenna ADA-1003 dapat terpasang di dalam ataupun diluar ruangan. tak perlu risau bila antena ini terpasang di luar ruangan. Pasalnya , antena ini tahan terhadap segala jenis cuaca.

Antena ini cuma memerlukan daya sejumlah 3 watt sehingga pas untuk Anda yang mencari produk yang hemat energi. Tidak sampai di situ, antena ini dibekali built-in amplifier. Hasilnya, signal yang di terima di dalam rumah juga lebih stabil.

10. SANEX-Antena TV Digital

SANEX-Antena TV Digital

Produk ini dibuat berbahan aluminium berkualitas tinggi yang di-claim tahan lama sampai 15 tahun. Disamping itu, antena ini mempunyai impedansi sejumlah 75 ohm. Bila Anda memerlukan antena yang dapat menangkap signal ekstra kuat, pilihlah produk ini. Antena produksi anak bangsa ini mudah terpasang. Dengan panjang batang sekitar 95 cm, antena ini dibekali dengan kabel sejauh 10 mtr..

Pertanyaan umum tentang antena TV digital

Disamping mengulas cara memilih serta rekomendasi produk, kami mengumpulkan beberapa pertanyaan populer terkait antena TV digital. Supaya Anda tak penasaran lagi, baca jawabannya berikut ini.

Apa perbedaan antena TV digital dan analog?

Secara simpelnya, bisa disebutkan bahwa antena TV digital ialah versi teranyar dari antena TV analog. Bedanya, antena TV digital bisa menangkap signal lebih bagus dibanding antena TV analog. Disamping dari sisi kualitas, harga ke-2 nya termasuk berbeda. Antena TV digital punya harga lebih mahal ketimbang antena TV analog.

Apakah TV digital mesti pakai antena digital?

Untuk menangkap siaran TV digital dengan optimal, perlu menggunakan tuner DVB-T2 serta antena TV. Artinya, buat menangkap signal TV digital, sebetulnya Anda tidak mesti memakai antena TV digital. Anda lebih memerlukan tuner digital yang terpasang pada TV.

Kenapa antena TV digital tidak jernih?

Siaran yang ditangkap dengan antena TV digital bisa jadi tidak jernih. Kemungkinan dipicu karena posisi antena yang tidak tepat. Kemungkinan antena mengarah yang tidak pas atau posisi antena kurang tinggi. Disamping itu, bisa pula bagian aluminium pada antena tertutup oleh jamur, lumut, ataupun karat.

Akhir Kata

Antena TV digital membuat kualitas siaran tv lebih bagus. Tetapi, Anda harus memperhitungkan banyak hal saat memilihnya. Anda dapat mempertimbangkan peletakan antena, jenis tv, sampai jenis kabel.

Dalam artikel ini, kami sudah menerangkan cara memilih dan rekomendasi produk antena TV digital yang bagus. Kami berharap terdapat salah satu produk yang sesuai kebutuhan Anda. Selamat menikmati siaran tv dengan kwalitas jernih!
Comments