Rekomendasi Lampu Tenaga Surya 100 Watt Terbaik Untuk Rumah atau Jalan

Cari lampu tenaga surya otomatis untuk rumah? Berikut reviewnya ada yang bentuknya mini dengan daya 100 watt tahan 12 jam lho! cocok untuk outdoor

dimediaku.com : Rekomendasi Lampu Tenaga Surya 100 Watt Terbaik Untuk Rumah atau Jalan - Dalam usaha mengawasi kelestarian lingkungan serta menghindari global warming, beberapa orang mulai memanfaatkan energi alternative. Salah satunya energi alternative yang terkenal yakni tenaga surya ataupun cahaya matahari.

Saat ini, Anda dapat menghemat pengeluaran listrik dengan cara membeli lampu bertenaga surya ataupun solar light. Akan tetapi, sebagian dari Anda barangkali kurang akrab dengan lampu ini.

Oleh karena itu, kami akan memaparkan cara kerja lampu tenaga surya serta panduan memilihnya untuk Anda. Selanjutnya, ada pula rekomendasi merk lampu tenaga surya yang bagus, seperti Morgen, Baseus, Perfin, dan Luci di online shop. Silahkan baca reviewnya di bawah!

Cara kerja lampu tenaga surya

Rekomendasi Lampu Tenaga Surya 100 Watt Terbaik Untuk Rumah atau Jalan

Sinar matahari rupanya dapat menjadi energi alternative untuk menggantikan tenaga listrik. Tetapi, Anda barangkali menanyakan, bagaimana lampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik serta membuat berpijar semalaman?

Singkat kata, lampu ini dibekali panel surya yang bisa meresap sinar matahari serta menyimpannya di dalam battery. Panel surya terbagi dalam beberapa lapisan silikon kristal serta zat kimia.

Susunan itu akan membuat susunan elektron bermuatan negatif serta ruangan bermuatan positif. Saat cahaya matahari mengenai panel, dia dapat menghidupkan elektron negatif serta mendorongnya ke ruangan bermuatan positif.

Ruang ini selanjutnya dapat mentransfer elektron menjadi arus listrik searah dari panel surya ke battery. Lantaran energi yang dibuat tersimpan di battery, Anda bisa memakai energi itu selama masih ada di tempat penampungan.

Battery yang menyimpan energi ini yang memungkinkan lampu untuk berpijar semalaman walau tidak ada sinar matahari.

Cara memilih lampu tenaga surya

Sebelum masuk ke ulasan mengenai lampu tenaga surya terbaik, kami bakal memaparkan cara memilihnya lebih dulu. Simak 5 point utama berikut ini supaya Anda mendapatkan produk yang tepat serta sesuai kebutuhan.

1. Sesuaikan dengan penempatannya

Lantaran membutuhkan sinar matahari supaya bisa bekerja, lampu tenaga surya kebanyakan hanya dapat dipasang di area outdoor. Tergantung di mana akan menempatkannya, design dari lampu juga akan berbeda.

Berikut kami beri contoh lampu tenaga surya yang sesuai dipasang pada dinding, taman, serta jalan.

A. Untuk dinding, pilih yang lebar serta dapat dipasangkan ke tembok

Solar light tipe ini dibekali dengan lubang paku ataupun baut untuk memasangnya ke dinding. Produk ini berukuran kecil, umumnya hanya dibutuhkan sebuah paku saja.

Sedangkan, lampu yang memiliki ukuran besar terpasang dengan 2 paku ataupun lebih agar kuat serta tidak gampang lepas. Kami mereferensikan untuk memilih lampu yang bentuknya besar serta sinarnya jelas.

Disamping itu, cermati sudut penerangannya. Tambah lebar sudutnya, tambah luas juga wilayah yang bakal mendapatkan pencahayaan.

B. Untuk jalan, pakai yang tahan pada siraman air

Lampu tenaga surya untuk menyinari jalan umumnya terpasangkan di suatu tiang. Karena tidak ada atap yang melindunginya, Anda mesti memilih produk yang mempunyai kemampuan antibair serta anti debu.

Berkaitan ini, pilih produk yang sekurang-kurangnya mempunyai label IPX4. Label ini bermakna lampu tidak rusak meskipun terkena percikan air dari semua arah.

Selain itu, direkomendasikan juga untuk memilih produk tahan terhadap debu. Jika lampu tenaga surya buat jalan tak tahan debu, lampu itu kemungkinan gampang kotor.

Ini akan menyebabkan ketahanan lampu menyusut serta menjadi cepat rusak.

C. Untuk taman, mencari yang dapat ditancapkan ke tanah

Sama dengan lampu jalan, lampu tenaga surya untuk di pelataran rumah harus dibekali feature waterproof. Selain itu, lampu taman umumnya hadir dengan tangkai untuk ditancapkan ke tanah.

Karena itu, penempatan lampu berkekuatan surya ini benar-benar ringkas serta dapat dilaksanakan oleh siapapun. Produk ini biasanya tersedia dalam beragam model serta design yang dapat Anda sesuaikan dengan interior rumah keseluruhannya.

2. Untuk dibawa berpergian, tentukan lampu yang portable

Tidak cuma dipasangkan secara tetap pada sebuah tempat, Anda juga dapat menemukan tipe lampu tenaga surya portable. Lampu ini mempunyai ukuran yang ringkas serta dibekali pengait atau pegangan maka dari itu simpel dibawa berpergian.

Anda dapat manfaatkan solar light ini untuk beragam situasi, misalkan dibawa camping hingga jadikan lampu genting indoor.

3. Cek tingkat kecerahannya

Pada lampu pijar, tingkat kecerahannya dapat dilihat dari jumlah watt yang dimiliki. Semakin besar watt-nya, semakin terang juga sinar yang bakal dihasilkan.

Selain itu, kecerahan lampu LED juga dapat dilihat dari jumlah lumennya. Sebagai referensi, lampu LED 375 lumen sebanding dengan lampu pijar berdaya 25 watt.

Cara memilihnya, samakanlah tingkat kecerahan lampu dengan area yang bakal dipasang. Contohnya, pilih lampu dengan watt ataupun lumen yang tinggi untuk dipasangkan ditiang jalan serta dinding.

Sementara itu, Anda dapat memilih lampu dengan sinar yang tidak demikian jelas untuk dipasang di taman. Pasalnya , lampu taman umumnya terpasang bergerombol ataupun dengan jumlah banyak sehingga lampu berdaya rendah juga cukup terang.

Akan tetapi, harap diperhatikan jika beberapa produk barangkali tak mengatakan jumlah watt ataupun lumen dari lampu. Oleh karena itu, Anda dapat mengecek jumlah LED-nya.

Semakin bertambah jumlah lampu LED-nya maka semakin tinggi juga tingkat kecerahannya.

4. Pahami durasi waktu pengisian dan penggunaannya

Proses pengisian daya pada lampu tenaga surya memerlukan waktu yang lebih lama ketimbang lampu listrik biasa pada umumnya. Kebanyakan, lampu memerlukan waktu selama seharian ketika langit cerah atau kurang lebih 8 jam hingga batterynya berisi penuh.

Adapun durasi waktu penggunaan ataupun nyala lampu bergantung pada kemampuan battery. Umumnya, produsen lampu tenaga surya akan memberikan info terkait berapakah lamanya waktu pengecasan serta durasi waktu nyala lampu.

Bila tidak tersedia, Anda bisa juga mengecek kemampuan batterynya. Semakin besar kemampuan batterynya, semakin lama juga lampu dapat berpijar.

Selain itu, pertimbangkanlah solar light yang dapat terhubung ataupun dicas memakai energi listrik untuk kepentingan darurat.

5. Periksa feature lain yang dimiliki

Hal yang tidak kalah penting untuk dikontrol dalam menentukan lampu tenaga surya ialah mengecek feature tambahannya. Pada lampu berkualitas unggul, umumnya produk diberi sejumlah fitur tambahan yang membuat berasa lebih praktis.

Berikut beberapa feature yang dapat Anda dapatkan pada lampu bertenaga surya:

  1. Remote kontrol: Feature ini memungkinkannya Anda untuk mengatur lampu dari jauh. Anda dapat memakai remote kontrol untuk menghidupkan, mematikan, sampai mengontrol tingkat kecerahan lampu.
  2. Model penerangan: Beberapa lampu tenaga surya dibekali opsi model penerangan. Adapun model yang umum ialah mode hidup terang, sedang, serta rendah.
  3. Sensor gerak: Feature ini umumnya ada pada mode lampu jalan serta lampu dinding. Sensor ini akan mengetahui gerak manusia sehingga lampu akan berpijar saat Anda jalan ke arahnya. Bila Anda mengidamkan produk yang dibekali feature ini, perlu diingat untuk mengecek rentang ataupun capaian sensornya, ya!
  4. Sensor cahaya: Langkah kerja feature ini mirip dengan sensor gerak. Sensor ini akan mengetahui cahaya di sekeliling untuk mengendalikan tingkat kecerahan lampu. Disamping itu, sensor sinar memungkinkan lampu untuk mati ataupun hidup secara automatis saat pagi dan malam hari.
  5. Hemat energi: Feature irit energi atau energy saving bermanfaat untuk memperpanjang tempo penggunaan ataupun nyala lampu. Feature ini akan mengontrol konsumsi daya serta kecerahan lampu agar masih tetap dapat menyala beberapa saat lebih lama.

Rekomendasi lampu tenaga surya terbaik

Setelah itu, kami akan merekomendasikan 10 produk lampu tenaga surya terunggul yang kami tetapkan menurut cara memilih di atas. Beberapa produk ini dipilih dengan cermat dengan memperhitungkan kualitas produk, review konsumen, serta tingkat kepercayaan pada seller.

1. Lampu Taman Bundar 8 LED Outdoor Tancap Tenaga Matahari Solar Mood

Solar light berwujud bundar ini mempunyai ukuran mini dengan dimensi kurang lebih 11,5 cm. Tidak cuma ditancapkan ke tanah, Anda juga dapat menggunakannya untuk menyinari area tangga di depan rumah.

Triknya dengan melepas sisi tangkainya serta menempatkan lampu di sisi tangga. Biarpun bentuknya mini, produk ini akan membuat sisi depan rumah tampak lebih elok.

Anda pun tak perlu ribet menghidupkan serta mematikan lampu sebab produk ini sudah dibekali switch automatis.

2. Lampu Taman Solar Tenaga Surya W2

Bila Anda menyukai lampu mode classic ala-ala Eropa, produk ini patut untuk Anda pertimbangkan. Design unik dari lampu tenaga surya ini bakal membuat pelataran rumah berkesan eksklusif.

Anda dapat menempatkan lampu ini di seputar rumput ataupun bunga yang ditanam pada pelataran rumah. Tetapi, harap diperhatikan jika harga yang tertera adalah harga untuk 1 lampu.

Berhubung bentuknya kecil, Anda butuh membeli beberapa buah lampu supaya taman dapat terlihat tambah elok.

3. Finether-Lampu Hias Dekor Lebah 50 LED with Solar Panel

Finether BE306 ialah lampu tenaga surya berwujud lebah yang pas dijadikan hiasan outdoor. Bagi yang menyukai lampu bergaya unik pasti puas dengan produk yang ini.

Layaknya lampu hias, produk ini mempunyai kabel yang panjang, yaitu hingga 5 mtr. Anda bisa menggunakannya untuk menghiasi pohon-pohonan di pelataran rumah serta mempercantik taman.

Lantaran bertenaga surya, Anda tidak perlu ribet melakukan penempatan dengan menarik kabel dari dalam rumah. Sehingga, hasil hiasan pada pohon bakal tampak lebih rapi serta unik jika menggunakan produk ini.

4. Giime-Lampu Taman Tembok Dinding Tenaga Surya Waterproof 20 LED Orginal

Produk ini adalah alternatif tepat buat Anda yang mengidamkan lampu dinding berukuran kecil, namun penerangannya luas. Pojok penerangannya lebar sampai 120 derajat membuat solar light ini bisa menyinari ruangan luas disekelilingnya.

Meskipun ukuran kecil, produk ini di-claim mempunyai body yang kokoh serta dapat digunakan untuk periode panjang. Lampu Giime sudah dilengkapi sensor gerak yang hendak berpijar sepanjang 30 detik ketika ada pergerakan teridentifikasi.

5. Ultima 118 LED Lampu Taman Dinding Tenaga Surya

Ketimbang lampu dinding lainnya, produk ini mempunyai ukuran besar. Tidak ketinggalan, panel suryanya juga berukuran besar untuk menegaskan daya lampu berisi penuh pada siang hari.

Bagusnya lagi, produk ini mempunyai tingkat kecerahan hingga 860 lumen dengan 118 LED. Produk ini ideal bagi yang mengidamkan nyala lampu yang paling terang serta sanggup memberi penerangan yang bagus.

Feature frost resistance yang dipasangkan pada produk ini sanggup membuatnya bertahan di cuaca dingin yang ekstrem.

6. Perfin-Bola Lampu Surya

Bola Lampu Surya PFLG05 dari Perfin ini mempunyai wujud yang serupa dengan lampu biasa. Bedanya, sisi atas lampu dibekali besi pengait sehingga dapat ditautkan dimanapun sesuai keperluan.

Di bagian atasnya ada power display yang memperlihatkan status battery lampu. Anda yang kerap lupa untuk isi daya lampu akan diingatkan karena tersedianya feature ini.

Produk ini dibekali 5 model penerangan dimulai dari model sinar tinggi, stabil, rendah, kilat tinggi, serta SOS.

7. Baseus-Energy Collection Seri Solar Energy Human Bodi Induction Wall Lamp

Apakah Anda mencari lampu yang waktu penggunaannya lebih lama dibandingkan durasi waktu mengecasnya? Bila iya, tak boleh ragu untuk menunjuk produk bikinan Baseus ini!

Cukup dengan isi daya selama sehari, lampu ini bisa dipakai sampai 3 hari lamanya. Menariknya lagi, sensor gerak yang dipunyainya sanggup mengetahui pergerakan dalam jarak capaian sepanjang 8 mtr..

Lampu akan automatis berpijar ketika ada pergerakan. Anda pasti tidak ingin melewatinya, kan?

8. JIANLIPS-Solar Sensor Light

Dilengkapi feature IP66, JLP-2178 tak kan hancur walau terkena semburan air kuat dengan nozel sampai 12,5 mm. Feature ini bakal menghindari partikel debu berukuran kecil agar tidak dapat masuk ke beberapa bagian lampu ini.

Bentuknya serupa dengan camera pengawas atau CCTV membuat produk ini dapat mencegah dari orang jahat dari rumah. Anda yang memerlukan alat pencahayaan sekaligus keamanan layak untuk memperhitungkan produk ini.

9. Luci-Core - Solar Portable Light

Lampu tenaga surya LED yang mengeluarkan sinar warna putih ini dilengkapi lengan silikon multi-fungsi. Anda dapat mengontrol lengannya serta mengarahkan lampu sama dengan keinginan.

Sebagai contoh, Anda dapat mengganti bentuk lengan silikonnya jadi pegangan, pengait, sampai stand supaya lampu dapat berdiri. Disamping menggunakan cahaya matahari, produk ini menyuport pengisian daya lewat listrik.

Untuk keperluan genting, Anda perlu mengecasnya selama 1 jam agar berisi penuh.

10. Morgen-LED Solar Streetllight

Morgen SSL200 datang dalam 3 opsi daya atau tingkat kecerahan, yakni 20, 40, serta 60 watt. Walau harga relatif tinggi, ini sebanding dengan kualitas yang dipunyainya.

Produk ini dibekali remote yang dapat digunakan dari jarak 15 mtr. serta sanggup mengirit energi sampai 80%.

Disamping ramah lingkungan, lampu ini sudah mendapatkan sertifikasi SNI serta ISO maka lebih terjaga keamanannya. Tersedia kabel sejauh 5 mtr. yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkannya ke sumber listrik.

Akhir Kata

Di atas, kami sudah merekomendasikan produk lampu tenaga surya untuk dipasang pada jalan, dinding, serta taman. Disamping itu, ada pula lampu portabel yang dapat Anda bawa berpergian.

Dari rekomendasi itu, manakah yang telah Anda tambahkan ke keranjang belanja? Disamping menghindari kerusakan lingkungan, energi alternative pada lampu surya sanggup mengirit konsumsi listrik rumah Anda.

Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Anda mendapatkan produk yang pas serta sesuai kebutuhan. Selamat berbelanja!

Comments